Kabar Gembira Tentang LPTNU di Era Kiai Said Pimpin PBNU

Kabar Gembira Tentang LPTNU di Era Kiai Said Pimpin PBNU
Ketua Umum PBNU Kiai Said Aqil. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) dalam masa khidmah 2015-2021, menorehkan kinerja membanggakan.

Salah satunya dari sisi jumlah perguruan tinggi di bawah naungan LPTNU mencapai 274, dari sebelumnya hanya 94 perguruan tinggi.

“Pada awal masa Khidmah 2015-2021, LTNU melakukan serah terima 94 kampus. Kemudian LTPNU dengan konsolidasi, terjadi penambahan perguruan tinggi baru hingga Juli 2021 menjadi 274 total perguruan tinggi,” kata Wakil Ketua LPTNU Muhammad Afifi di Jakarta, Sabtu (13/11/2021).

Dari 274 perguruan tinggi NU tersebut, sebanyak 84 PTNU di bawah binaan Kemendikbudristek, termasuk 15 Akademi Komunitas Berbasis Pesantren di bawah binaan Vokasi Kemendikbudristek, dan 190 PTNU di bawah binaan Kemenag.

Menurut Afifi, penambahan jumlah perguruan tinggi tersebut karena animo yang memang sangat tinggi di berbagai daerah. Kepengurusan LPTNU terbentuk sampai ke tingkat Cabang yang belum memiliki perguruan tinggi.

Berdasarkan AD/ART, LPTNU didirikan sesuai tingkatan masing-masing. Dari situ ada mobilisasi yang tinggi hingga terjadi penambahan signifikan dalam jumlah perguruan tingggi.

Bidang pendidikan selain kesehatan dan ekonomi, kata Afifi, juga menjadi salah satu fokus program pada kepengurusan PBNU setelah Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama di Jombang, Jawa Timur.

“Periode kedua Kiai Said, dengan tagline back to pesantren, PBNU memperkuat dan memberikan porsi yang lebih terhadap tiga program pendidikan, kesehatan, dan perekonomian,” kata Afifi.

Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) dalam masa khidmah 2015-2021 menorehkan kinerja membanggakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News