Kabar Gembira: Tiga Ruas Tol JORR II Kelar Maret 2020

Kabar Gembira: Tiga Ruas Tol JORR II Kelar Maret 2020
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pembangunan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II sepanjang 109,57 kilometer yang melingkar dari Bandara Soekarno Hatta, Cinere, Cimanggis hingga Pelabuhan Tanjung Priok ditarget rampung seluruhnya pada akhir tahun 2020.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) optimistis target tersebut bisa tercapai.

Dari enam ruas, sebanyak tiga ruas akan rampung pada Maret 2020 yakni Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,19 kilometer), Kunciran-Serpong (11,19 kilometer), dan Serpong-Cinere (10,14 kilometer).

Tiga ruas lainnya pada akhir tahun 2020 yakni Cinere-Jagorawi (14,64 kilometer), Cimanggis-Cibitung (25,39 kilometer), dan Cibitung-Cilincing (34,02 kilometer). Selesainya JORR II diharapkan dapat mengurangi beban Tol JORR I yang sudah semakin padat.

"Secara bertahap, beberapa ruas Tol JORR II sudah selesai dan siap operasi seperti di ruas Cinere-Jagorawi. Untuk ruas Kunciran-Serpong saat ini progresnya sudah 98,76 persen pada Oktober 2019 akan diresmikan beroperasi. Sekarang ini sedang dilakukan uji laik fungsi," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (21/9).

Dikatakan Menteri Basuki, selain untuk memperlancar mobilitas komuter juga angkutan logistik karena terhindar dari kemacetan tol di dalam kota.

"Dengan adanya JORR 1 dan JORR 2 akan ada alternatif untuk memecah trafik dan untuk arus barang juga yang dari Pelabuhan Merak ke Cikampek atau sebaliknya tanpa masuk Kota jadi masuk ke jalan-jalan lingkar ini," kata Basuki.

Progres Tol JORR II hingga bulan September 2019 yakni untuk ruas Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sudah rampung sebesar 53,14 persen yang dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng. Ruas Tol Kunciran-Serpong yang dibangun oleh PT Marga Trans Nusantara saat ini progresnya sudah 96,86 persen.

Kementerian (PUPR) optimistis pembangunan tiga ruas jalan tol JORR II bisa selesai pada Maret 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News