Kabar Gembira untuk Pelaku UMKM, Trawlbens Memberi Fasilitas Ongkir Gratis

Kabar Gembira untuk Pelaku UMKM, Trawlbens Memberi Fasilitas Ongkir Gratis
Bantu UKM di masa pandemi, Trawlbens memberi fasilitas ongkir gratis dan murah. Foto: Trawlbens

jpnn.com, JAKARTA - Trawlbens melakukan aksi nyata untuk ikut membantu menyelamatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia yang dihantam badai pandemi COVID-19.

Caranya dengan memberikan fasilitas gratis ongkir secara langsung bagi pelaku UMKM yang menggunakan aplikasi Trawlbens ketika mengirim barang.

“Fasilitas ini berlaku untuk pengiriman barang hingga jarak 30 kilometer,” ujar Founder dan CEO TrawlBens Beni Syarifudin, kepada wartawan, Jumat (8/10).

Trawlbens melakukan terobosan tersebut karena UMKM merupakan salah satu penggerak utama perekonomian apalagi di masa pemulihan ekonomi.

Jumlah pelaku UMKM di Indonesia sekitar 64 juta atau mencapai 99,9 persen dari keseluruhan usaha yang beroperasi di Indonesia. Hingga akhir tahun 2020, dari jumlah tersebut ada 10 juta UMKM yang masuk ke ekosistem digital.

Dijelaskan, di masa pandemi Covid-19 sekitar 30 persen pelaku bisnis UMKM terpuruk. Namun, sebagian melakukan inovasi, salah satunya berjualan secara online agar mampu bertahan.

Salah satu masalah yang dihadapi pelaku bisnis UMKM ketika berjualan secara online, mereka dihadapkan dengan tarif atau ongkos kirim yang tidak bersahabat di kantong.

Tarif logistik yang mahal, menjadi salah satu isu krusial yang harus mereka hadapi. Hal ini pula yang menyebabkan banyak pelaku UMKM yang tidak bisa kompetitif. Padahal pengguna jasa masih bisa mendapatkan tarif yang lebih rendah.

Fasilitas gratis ongkir secara langsung bagi pelaku UMKM yang menggunakan aplikasi Trawlbens ketika mengirim barang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News