Kabar Terbaru Jumlah Sukarelawan yang Bertarung Melawan Corona

Kabar Terbaru Jumlah Sukarelawan yang Bertarung Melawan Corona
Ilustrasi - Covid-19 (Corona virus disease 2019). Foto: Antara/Dian Hadiyatna/HO

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Relawan Gugus Tugas Covid-19 Andre Rahadian menyebutkan, hingga saat ini 17.616 orang mendaftarkan diri menjadi sukarelawan dalam upaya menanggulangi penyebaran virus corona di Indonesia. Dengan perincian 3.326 sukarelawan medis dan 14.290 sukarelawan nonmedis.

"Data per 7 April 2020, total sukarelawan 17.616 yang terdiri dari sukarelawan medis dan sukarelawan nonmedis," kata Andre dalam keterangan resminya di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Selasa (7/4).

Menurut dia, pihaknya menyebar puluhan ribu sukarelawan tersebut ke beberapa provinsi, dengan melihat wilayah paling terdampak virus corona.

Dari catatan sementara, DKI Jakarta menjadi provinsi yang paling banyak disebarkan sukarelawan. Setelah DKI Jakarta, sukarelawan banyak ditugaskan di Jawa Barat.

"Banyak juga di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi," tutur Andre tanpa menjelaskan jumlah sukarelawan di masing-masing provinsi itu.

Lebih lanjut, Andre menegaskan, pihaknya bekerja sama dengan Kemenkes dan Kemendikbud dalam menyebarkan sukarelawan. Sebab, kedua lembaga tersebut yang mampu menilai seberapa banyak suatu daerah memerlukan sukarelawan.

"Kami data dan ditempatkan sesuai prioritas. Kalau sukarelawan medis untuk ditempatkan di Rumah Sakit (RS) Wisma Atlet, Pulau Galang, Bintaro dan lapangan di Jakarta, kebutuhan sangat besar, saya terima kasih kepada seluruh sukarelawan," kata dia. (mg10/jpnn)

Ketua Relawan Gugus Tugas Covid-19 Andre Rahadian menyebutkan, hingga saat ini 17.616 orang mendaftarkan diri menjadi sukarelawan dalam upaya menanggulangi penyebaran virus corona di Indonesia.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News