Kabar Terbaru Kasus Brigadir J dari Komnas HAM, Singgung Soal Skenario

Kabar Terbaru Kasus Brigadir J dari Komnas HAM, Singgung Soal Skenario
Komisioner Komnas HAM Bidang Penyelidikan Mohammad Choirul Anam Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Choirul Anam mengaku pihaknya hingga saat ini berkomitmen untuk bekerja secara mandiri.

Anam mengatakan tak akan terpengaruh skenario yang sedang dikerjakan pihak lain dalam mengusut kasus penembakan di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo yang menewaskan Brigadir J.

Seperti diketahui, kasus penembakan ini diproses dua instansi kepolisian. Polda Metro Jaya tengah mengusur kasus tuduhan Brigadir J  melakukan pelecehan kepada istri Ferdy Sambo, Putri Candhawati.

Di sisi lain, Mabes Polri juga menyelidiki dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J sebagaimana dilaporkan pihak keluarga.

"Kami lakukan proses ini dengan skenario Komnas HAM sendiri. Kami punya logika sendiri, punya jalan sendiri. Dan kami bisa diuji barengan, bagaimana prosesnya," ucap Anam, Senin (25/7).

Saat ini, penyelidikan yang dilakukan oleh Komnas HAM adalah untuk membuat terang peristiwa yang terjadi seperti waktu terjadi kematian, penembakan, dan luka di tubuh Brigadir J.

Menurut dia, pihaknya menekankan pada bukti-bukti mentah yang akan mengujinya mandiri dengan ahli dan metode Komnas HAM serta tak akan bergantung pada kesimpulan pihak mana pun.

Sejauh ini, Komnas HAM sudah menggali keterangan dari pihak keluarga, ahli, serta mencocokan bukti dan dokumen dari tim forensik Polri yang mengautopsi jasad Brigadir J.

Anam mengatakan tak akan terpengaruh skenario yang sedang dikerjakan pihak lain dalam mengusut kasus penembakan di rumah Kadiv Propam Irjen Sambo, Brigadir J

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News