Kabar Terbaru soal BLT Dana Desa, Mendes Sebut Update Data Terus Dilakukan

Kabar Terbaru soal BLT Dana Desa, Mendes Sebut Update Data Terus Dilakukan
Penerima bantuan sosial tunai. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyampaikan saat ini pihaknya terus melakukan percepatan proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

Percepatan yang dilakukan dengan cara mengirimkan Surat Resmi kepada Kepala Desa melalui Bupati agar terus lakukan pendataan yang kemudian dibawa ke Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) guna penentuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Penambahan dan pengurangan KPM bisa sewaktu-waktu dilakukan oleh desa. Olehnya kami instruksikan kepada Kepala Desa untuk terus pantau kondisi warganya di era PPKM Darurat ini," kata Halim Iskandar saat diundang dalam Economic Update CNBC, Jumat (16/7).

Dia memaparkan data terbaru, hingga 15 Juli total penyaluran BLT Dana Desa mencapai Rp 5,9 Triliun dengan total penerima pada Januari 5.145.675 KPM. Kemudian pada Juli ada 291.471 KPM dan terus dilakukan pemantauan.

Saat ini ada relaksasi di masa PPKM Darurat hingga dimungkinkan penerimaan rapelan BLT sesuai dengan kondisi penyaluran Dana Desa.

"Hingga 15 Juli, total tahap pertama Januari hingga Juni 2021, Dana Desa sudah disalurkan Rp 29,442 Triliun ke 70.083 Desa dari 74.961 desa," kata Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Sedang Tahap II Juli hingga Desember 2021 sudah disalurkan ke 13.509 Desa dengan total dana Rp 3,775 Triliun.

Halim Iskandar menilai saat ini penyaluran BLT Dana Desa sudah cukup efektif apalagi dilakukan relaksasi di era PPKM Darurat.

Kemendes terus melakukan pembaruan data terkait penerima BLT Dana Desa. Mendes Halim juga membeberkan jumlah penerima terkini hingga Juli 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News