Kabar Terkini Aktivitas Gunung Anak Krakatau, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang

Kabar Terkini Aktivitas Gunung Anak Krakatau, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang
Gunung Anak Krakatau. Ilustrasi Foto: Humas Polda Banten

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebut aktivitas Gunung Anak Krakatau saat ini mulai mereda.

Kepala PVMBG Hendra Gunawan mengatakan selama 24 jam teramati bahwa asap melampaui tinggi Gunung Anak Krakatau baru melewati tinggi tubuh Anak Krakatau dengan lama sekitar 150 meter.

Dia menyatakan dari posko pengamatan itu disebutkan tinggi asap 25 meter dari puncak gunung.

"Dilaporkan juga pengamatan Gunung api Anak Krakatau terdapat sinar api setinggi 25 meter. Jika di malam hari, terkadang sinar api terlihat di tempat keluarnya asap," katanya dalam konferensi pers “Kesiapsiagaan Menuju Mudik Aman dan Mudik Sehat” yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis malam.

Sementara hal yang melegakan, menurut Hendra, ialah data yang terekam secara instrumental, energi tremor overscale pada tanggal 24 dan 25 April hanya rata-rata 2 MM.

“Di mana overscale itu kurang lebih sekitar 55 MM. Jadi sudah drop memang, sesuai antara yang direkam maupun yang penampakan langsung di lapangan,” katanya.

Selain itu, fluks gas SO2 pada 24 April itu mencapai 9.000 µg/Nm3, dan enam jam kemudian mencapai 13.000 µg/Nm3. Kemudian dua hari yang lalu sudah mencapai 5000 µg/Nm3.

“Namun, untuk kehati-hatian saja, yang perlu diwaspadai adalah masyarakat untuk tetap update info tentang aktivitas gunung melalui situs dari pemerintah, untuk menghindari hoaks atau sebagainya. Jadi, diharapkan juga masyarakat tetap tenang karena Gunung Anak Krakatau sudah mereda,” kata dia. (antara/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

PVMBG mengimbau masyarakat tetap tenang dengan adanya aktivitas Gunung Anak Krakatau.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News