Kabareskrim Sebut Penggoreng Hoaks Berpenyakit Jiwa

Kabareskrim Sebut Penggoreng Hoaks Berpenyakit Jiwa
Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto mengatakan, pihak yang memainkan hoaks ataupun ujaran kebencian dan mengaitkan dengan suku, agama, ras dan golongan (SARA) adalah pengidap gangguan jiwa yang sebenarnya. Parahnya, tindakan itu juga menular.

"Apa namanya kalau bukan sakit jiwa karena sukanya menggoreng isu hoaks lalu gorengan itu dimakan? Kemudian yang memakannya jadi ikut-ikutan menyebar hoaks,” kata dia melalui layanan pesan, Jumat (23/2).

Ari menambahkan, penyebar hoaks lebih berbahaya ketimbang pengidap sakit jiwa yang kini oleh masyarakat justru dituduh sebagai pembuat onar. "Ada kejadian luar biasa saat ini, yaitu terbaliknya logika masyarakat," tambah dia.

Lebih lanjut Ari mengatakan, Bareskrim Polri baru saja mengungkap perkara ujaran kebencian dan penghinaan melalui media sosial di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Kamis (22/2). Ada seorang pria berinisial MKN yang sudah berusia 57 tahun yang menjadi tersangka ujaran kebencian.

Seorang wiraswasta itu diduga melakukan ujaran kebencian dan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana. MKN menggunakan kata-kata yang sangat tak pantas untuk menghina ibu negara.

"Sebutan apa yang paling tepat bagi lelaki yang berani menghina seorang wanita yaitu ibu negara? Kalau lahir dari bukan ibu sih enggak apa-apa,” tandas dia.(mg1/jpnn)


Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto menyebut pembuat hoax ataupun ujaran kebencian bernuansa SARA dan pihak yang memainkannya sama saja berpenyakit jiwa.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News