Kabinet Baru, Hilang Sudah Tradisi Menpora Berkumis

Kabinet Baru, Hilang Sudah Tradisi Menpora Berkumis
Menpora Zainudin Amali di Kabinet Indonesia Maju. Foto : Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kehadiran Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora yang baru, Zainudin Amali akhirnya meruntuhkan stigma selalu dipimpin menteri yang berkumis.

Selama 15 tahun terakhir, presiden selalu memilih Menpora yang berkumis. Ya, sejak era Adyaksa Dault pada kabinet Indonesia Bersatu di era Presiden SBY, Manpora identik dengan kumis. Dilanjutkan dengan Andi Alfian Mallarangeng sampai penggantinya Roy Suryo.

Tradisi ini berlanjut saat Menpora dinakhodai oleh Imam Nahrawi. Namun, Imam sempat menghilangkan tradisi itu saat dirinya tiba-tiba memotong kumis dan memotong tipis rambutnya sebagai nazar saat Indonesia sukses meraih emas Olimpiade 2016.

Berlanjut ke sang Plt Hanif Dakhiri yang juga memiliki kumis tipis meski memimpin dalam hitungan bulan.

Tapi, setelah Presiden RI Joko Widodo mengumumkan nama Zainudin Amali, selesai sudah tradisi kumis itu. Eh, atau mungkin Zainudin sang Menpora baru ingin memelihara kumisnya untuk menjaga tradisi itu?. Kita lihat saja nanti. (dkk/jpnn)

Sudah 15 tahun setiap presiden memilih Menpora yang berkumis tetapi kini Presiden Jokowi memilih Zainudin Amali yang tanpa kumis.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News