Kabupaten Dairi Butuh Varietas untuk Dataran Tinggi

Kabupaten Dairi Butuh Varietas untuk Dataran Tinggi
Panen padi di Sumatera Utara. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, SIDIKALANG - Tidak mau kalah dengan Kabupaten lain, Dairi yang terkenal sebagai penghasil kopi "Sidikalang" juga sedang masa panen padi.

Kali ini, berita panen datang dari Kelompok Tani Sada Taki, Desa Kuta Gugung, Kecamatan Sumbul dan Kelompok Tani Cinta Karya, Desa Berampu, Kecamatan Berampu.

Varietas yang dikembangkan adalah Ciherang, merupakan benih berbantuan Dinas Pertanian pada Tahun 2017. Sangat disayangkan, pemakaian dari varietas ini sudah sangat rentan dengan serangan hama dan penyakit terutama pada saat curah hujan tinggi seperti yang dialami petani pada musim ini.

Hal ini terbukti dari produktivitas yang hanya 4,5 - 5 ton/ha. Kondisi di lapangan tanaman banyak terserang Bakteri Hawar Daun atau yang sering disebut petani dengan Kresek. 

Kepala BPTP Balitbangtan Sumut diwakilkan oleh Koordinator UPSUS PAJALE  memberikan saran kepada petani agar tidak menggunakan varietas jabal dan seharusnya ada pergiliran varietas baru yang adaptif untuk dataran tinggi seperti Inpari 26, Inpari 27 dan Inpari 28.

Hasil diskusi dengan ketua kelompok tani dan beberapa petani di kedua desa yang dikunjungi bahwa mereka sangat berminat untuk mengembangkan varietas baru dan memohon untuk dibimbing untuk menjadi penangkar benih.

Dalam waktu dekat, Kepala BPTP Balitbangtan Sumut melalui LO perwakilan Dairi, akan  memberikan bimbingan dan fasilitasi benih sumber sebagai inisiasi pengembangan penangkar benih di dua desa ini sebagai percontohan.

Harga rata-rata gabah kering panen Rp. 4.500 - Rp. 5.000/kg, sedangkan harga beras Rp.11.000 - Rp 12.000,-/kg. Meskipun harga tergolong tinggi namun petani tidak ada keluhan dan  mengharapkan agar pemerintah tidak melakukan impor.

Penggunaan varietas Ciherang dinilai sudah sangat rentan dengan serangan hama dan penyakit, terutama pada saat curah hujan tinggi di Kabupaten Dairi, Sumut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News