Kabupaten Terkaya Ada di Kaltim dan Riau

Kabupaten Terkaya Ada di Kaltim dan Riau
Kabupaten Terkaya Ada di Kaltim dan Riau
JAKARTA -- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengeluarkan rilis daftar kabupaten-kabupaten dengan pendapatan terkaya di Indonesia. Data berdasarkan hasil audit itu menyebutkan, dari 20 daftar kabupaten termakmur di negeri ini, 13 diantaranya berada di Provinsi Kalimantan Timur, 4 dari Provinsi Riau, dan masing-masing satu kabupaten dari Sumatera Selatan, Kepulauan Riau dan Papua.

Kemakmuran kabupaten-kabupaten yang mendapatkan pemasukan dari Dana Bagi Hasil (DBH) SDA, Dana Alokasi Khusus (DAK) dan berbagai dana lainnya dari pemerintah pusat ini, terlihat jauh lebih besar dibanding dengan pendapatan beberapa kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

Misalnya saja, di Kalimantan Timur dan Provinsi Riau, ada kabupaten yang tiap tahunnya menerima pemasukan dari DBH SDA mencapai triliunan rupiah. Sementara kebanyakan kabupaten di Pulau Jawa, hanya mendapatkan DBH bernilai ratusan juta rupiah saja. Seperti di Kabupatan Gunung Kidul (Provinsi DIY Jogjakarta) yang hanya mendapatkan pembagian DBH berkisar antara Rp145-146 juta per tahun. (lihat tabel)

Menteri Keuangan Agus Martowardojo yang ditemui di kantor Menko Perekonomian Jakarta, Rabu (28/7) mengatakan bahwa tidak ada diskriminasi dalam pembagian jatah dana dari pusat ini. Karena sistem pembagian sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Daerah-daerah yang memiliki SDA yang besar, secara otomatis akan mendapatkan jatah pembagian DBH yang besar pula.

JAKARTA -- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengeluarkan rilis daftar kabupaten-kabupaten dengan pendapatan terkaya di Indonesia. Data berdasarkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News