Kada Diinstruksikan Gelar Operasi Pasar

Terkait Melonjaknya Harga Beras

Kada Diinstruksikan Gelar Operasi Pasar
Kada Diinstruksikan Gelar Operasi Pasar
JAKARTA- Menteri Pertanian (Mentan) Suswono meminta seluruh kepala daerah aktif menggelar operasi pasar guna mengatasi tren melonjaknya harga beras di banyak daerah. Gubernur, bupati, dan walikota bisa meminta kepada Badan Urusan Logistik (Bulog) di daerah masing-masing untuk keperluan operasi pasar itu.

"Kepala daerah meminta kepada Bulog untuk operasi pasar. Sebenarnya menteri perdagangan sudah meminta hal itu, dan Bulog sudah siap," kata Suswono saat ditemui di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Minggu (17/1).

Menurut Suswono, pihaknya sudah melaporkan ke presiden  mengenai kenaikan harga beras saat ini, yang sebenarnya terjadi akibat psikologis pasar. Ada du hal yang bisa dilakukan saat ini, yaitu mempercepat penyaluran beras keluarga miskin (raskin), dan operasi pasar.

Suswono optimis, para pedagang tidak akan berani menimbun beras berlama-lama jika ada operasi pasar. Melihat persediaan beras Bulog yang banyak saat ini, kelangkaan beras bisa teratasi. "Ini hanya akibat psikologis saja, stok sebenarnya aman," tuturnya.

JAKARTA- Menteri Pertanian (Mentan) Suswono meminta seluruh kepala daerah aktif menggelar operasi pasar guna mengatasi tren melonjaknya harga beras

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News