Kada Diminta Antisipasi Aksi Solidaritas terhadap Etnis Rohingya

Kada Diminta Antisipasi Aksi Solidaritas terhadap Etnis Rohingya
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala daerah diminta berkoordinasi dengan kepolisian mengantisipasi kemungkinan maraknya aksi solidaritas terhadap etnis Rohingya di Myanmar.

Menurut Mendagri Tjahjo Kumolo, koordinasi penting untuk memastikan seluruh aksi berlangsung damai.

"Orang mau menyampaikan aspirasi, solidaritas atau keprihatinan, silahkan. Kami sudah minta kepala daerah koordinasi dengan kepolisian. Karena yang memberikan izin kepolisian," ujar Tjahjo di Jakarta, Selasa (5/9).

Mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini kemudian mencontohkan aksi yang rencananya juga akan digelar di depan Kedutaan Besar Myanmar di Indonesia. Boleh saja, asal dilakukan secara damai dan telah mengantongi izin dari kepolisian.

‎"Misalnya di depan Kedubes Myanmar, setiap orang bisa. Tapi sampaikan dong dari kelompok mana, ormas mana," ucapnya.

Saat ditanya apakah aksi boleh dilakukan di Candi Borobudur, Tjahjo mengingatkan tempat tersebut merupakan salah satu situs bersejarah di Indonesia dan tidak ada hubungannya dengan kondisi yang dialami etnis Rohingya.

"Justru menjadi pertanyaan, kenapa harus ke Borobudur? Itu kan tempat umum, tempat wisata. Jadi kalau kepolisian melarang, itu hak kepolisian," katanya.

Selain itu mantan anggota DPR ini juga mengatakan, pemerintah sampai sejauh ini telah merespons dengan cepat peristiwa yang dialami etnis Rohingya di Myanmar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News