Pernyataan Sikap Forum Pemuda Lintas Agama Terkait Rohingya

Pernyataan Sikap Forum Pemuda Lintas Agama Terkait Rohingya
Forum Pemuda Lintas Agama menyampaikan pernyataan sikap terkait praktik diskriminasi dan genosida kepada etnis Rohingya. Pernyataan sikap berlangsung di Gedung PP Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (5/9). Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Forum Pemuda Lintas Agama menyatakan sikap terhadap praktik diskriminasi dan genosida kepada etnis Rohingya di Myanmar.

Para pemuda lintas agama menyampaikan pernyataan sikap di Gedung PP Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (5/9). Mereka antara lain Pemuda Muhammadiyah, Generasi Muda Buddhis Indonesia, Gema Mathla'ul Anwar, Syabab Hidayatullah, Perhimpunan Pemuda Gereja Indonesia dan Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia serta yang lainnya.

Para pemuda menyatakan tidak bisa diam terhadap praktik diskriminasi dan legalize genocide yang terjadi di Myanmar terhadap etnis Rohingya, yang dilakukan oleh Regime De Facto Aung San Suu Kyi.

Berkali-kali etnis Rohingya mengalami pengusiran, pemukiman serta rumah mereka dibakar. Hal yang paling menyedihkan anak-anak dan perempuan menjadi korban. Tindakan tidak beradab yang dilakukan Militer Myanmar adalah kejahatan kemanusiaan," demikian pernyataan sikap tersebut.


Berkaitan dengan itu, Forum Pemuda Lintas Agama menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Sebagai bangsa yang beradab, kami sangat membenci dan mengutuk praktik diskriminasi dan legalize genocide terhadap etnis Rohingya yang dilakukan oleh Regime De Facto Aung San Suu Kyi.

2. Tragedi yang menimpa etnis Rohingya merupakan kejahatan kemanusiaan yang dilakukan secara sistematis, terstruktur, masif, dan meluas.

3. Mendesak kepada Pemerintah Indonesia terutama Presiden Jokowi dan Menteri Luar Negeri untuk bersikap tegas dan melakukan Political Pressure Diplomacy. Karena, kebijakan diplomasi sunyi terhadap Pemerintah Myanmar terbukti tidak berjalan efektif.

Forum Ormas Lintas Agama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News