Kadin Dorong Optimalisasi Belanja Pemerintah Lewat ICEF 2023

Kadin Dorong Optimalisasi Belanja Pemerintah Lewat ICEF 2023
Kadin Dorong Optimalisasi Belanja Pemerintah Lewat ICEF 2023. Foto: Tim ICEF 2023

jpnn.com, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) akan menggelar Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF) 2023 guna mengoptimalkan belanja produk dalam negeri (PDN) lewat penggunaan katalog elektronik (e-katalog).

Acara ini selaras dengan Intruksi Presiden No. 2 Tahun 2022 kepada Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Dalam instruksi tersebut, pelaku usaha nasional yang memproduksi produk dan jasa berkualitas dan kompetitif harus terus didorong melakukan percepatan bisnis.

Melalui, penciptaan iklim belanja produk dalam negeri oleh instansi pemerintah, lembaga, BUMN/BUMD yang menggunakan APBN dan APBD.

"Kita butuh upaya keras untuk terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan potensi anggaran lewat LKPP didorong untuk bisa membeli produk-produk dalam negeri," kata Kepala LKPP, Hendrar Prihadi dalam keterangan pers yang diterima JPNN.com.

Berdasarkan data LKPP, jumlah produk yang sudah masuk dalam penayangan e-katalog sudah lebih 5 juta item.

Menurut Hendrar, banyaknya penyedia yang masuk dalam e-katalog diyakini dapat menciptakan pasar yang semakin kompetitif.

Selama deretan produk tersebut dibeli oleh kementerian, lembaga, BUMN, jajaran pemerintahan provinsi, kota, kabupaten.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mendorong optimalisasi belanja pemerintah lewat e-katalog melalui perhelatan ICEF 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News