JPNN.com

KADIN Indonesia Desak Pertamina Percepat Bangun Kilang

Sabtu, 15 Februari 2020 – 22:07 WIB
KADIN Indonesia Desak Pertamina Percepat Bangun Kilang - JPNN.com
KADIN. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Indonesia mendesak Pertamina untuk mempercepat pembangunan kilang.

Terutama, kilang yang diperluas dengan produk petrokimia. Pasalnya, prospek kilang penghasil petrokimia bisa menjadi penunjang utama berbagai industri nasional.

“Bukan hanya strategis, tetapi juga menjadi penunjang utama industri nasional. Makanya harus diuber pembangunan kilangnya,” kata Wakil Komisi Tetap Industri Hulu dan Petrokimia Kadin Indonesia, Achmad Widjaja, Sabtu (15/2).

Tingginya peran petrokimia, bisa dilihat dari potensi pasar. Menurut Widjaja, bahkan potensi tersebut bisa lebih dari Rp40-50 Trilun per tahun.

Widjaya menegaskan, dengan jumlah penduduk Indonesia yang sekarang mencapai 265 juta jiwa, kebutuhan petrokimia menjadi sangat tinggi.

Sementara di sisi lain, perusahaan yang bermain di industri petrokimia masih sedikit. Di antaranyaTPPI Tuban dan Bontang serta grup Chandra Asri.

Besarnya kebutuhan tersebut, membuat Indonesia saat ini menjadi negara pengimpor petrokimia. Dari total kebutuhan, hanya sekitar 30 persen yang dipenuhi dari suplai dalam negeri.

”Sisanya, 70 persen masih impor,” kata dia.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy