Pertamina Temukan Potensi Migas di Perairan Kepulauan Seribu

Pertamina Temukan Potensi Migas di Perairan Kepulauan Seribu
Kilang minyak lepas pantai. Foto: Reuters

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menemukan potensi minyak dan gas (migas) di sekitar Pulau Sebira, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Temuan itu didapat pada eksplorasi akhir November 2019, tetapi besarnya masih tahap pengkajian.

"Ada potensi, tetapi kita belum tahu hasil kajiannya, apakah bernilai ekonomis atau tidak," kata VP Relation PHE, Ifki Sukarya kepada ANTARA di Jakarta, Kamis (13/2).

Akhir tahun 2019, eksplorasi itu dilakukan di wilayah kerja PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ).

Sumur pertama eksplorasi di Lapangan North West itu murni didanai oleh Pertamina. Selain itu, PHE ONWJ telah mengalihkan pengelolaan 10 persen saham dalam bentuk Participating Interest (PI) kepada PT Migas Hulu Jabar ONWJ (MUJ ONWJ).

Selain itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui perusahaan daerah PT Jakarta Propertindo juga memiliki saham di dalam PI 10 persen tersebut. PHE berupaya untuk mempertahankan dan meningkatkan produksi migas dengan mencari cadangan-cadangan sumur minyak baru.

Selain PHE ONWJ, anak perusahaan Pertamina lainnya. PHE Offshore South East Sumatera (OSES) merencanskan dimulainya proyek eksplorasi minyak dan gas di Kepulauan Seribu pada Maret 2020.

PHE OSES telah melakukan pertemuan bersama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu yang diterima Bupati Murad Husein dalam rangka sosialisasi kepada pemangku kepentingan dan masyarakat di wilayah eksplorasi. (ant/dil/jpnn)

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menemukan potensi minyak dan gas (migas) di sekitar Pulau Sebira, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News