Kadin Tetap Optimis

Kadin Tetap Optimis
Kadin Tetap Optimis
JAKARTA-Kamar Dagang dan Industri (Kadin) yakin pertumbuhan investasi pasca peledakan bom Kuningan II tetap positif. Pengaruh bom relatif kecil dan tidak signifikan. Wakil Ketua Kadin, Chris Kanter, dalam jumpa pers di Plaza Bellagio, Selasa (21/7), mengatakan prediksi ini lebih baik dari pemerintah yang memperkirakan akan terjadi penurunan pertumbuhan investasi sebesar 50 persen di Indonesia, di tahun 2009.

"Padahal di tahun 2008 terdapat kenaikan pertumbuhan investasi sebanyak 20 persen, dibanding tahun sebelumnya," katanya.  Kadin, lanjutnya, telah menyusun langkah-langkah dalam dua bulan terakhir. Satu diantaranya, dengan mengumpulkan semua investor asing di Indonesia. Hasil dari pertemuan tersebut, cukup positif.

Hal ini, lanjutnya, dilihat dari komiten pemerintah dalam mereformasi beberapa kebijakan. Yakni kebijakan di bidang pajak, bea dan cukai, juga birokrasi. "Reformasi ini membawa dampak positif terhadap iklim usaha. Terlebih, invesment telah memperhitungkan dalam jangka menengah dan panjang untuk melakukan investasi," paparnya. Keyakinan ini, didapat langsung dari para invesment asing, dimana Kadin kerap melakukan komunikasi dengan lebih dari 30 Kadin asing.

Ketua Kadin, MS Hidayat menambahkan, Kadin berupaya meyakinkan invesment terhadap pengamanan di Indonesia. Walau tidak bisa memberikan garansi penuh. "Kita serahkan sepenuhnya kepada invesment, namun mereka tetap serius berinvestasi, setelah bertahun-tahun menanamkan investasi di Indonesia," katanya.

JAKARTA-Kamar Dagang dan Industri (Kadin) yakin pertumbuhan investasi pasca peledakan bom Kuningan II tetap positif. Pengaruh bom relatif kecil dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News