Kaesang dan Terobosan Politik di Indonesia

Oleh: Andika I (Jurnalis)

Kaesang dan Terobosan Politik di Indonesia
Penulis Andika I. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com - Kaesang mencatatkan sejarah. Ia barangkali orang pertama yang menjadi Ketua Umum partai dengan waktu terpendek: dua hari!

Sejarah republik mencatat tak ada tokoh politik yang begitu cepat naik karirnya jika mengacu kepada karir politik di Indonesia yang terjadi selama ini.

Setidaknya, ada dua jalur karir di partai politik. Pertama, jika partai kader, biasanya karirnya dimulai dari bawah.

Kedua, ada jalur ketokohan. Jalur ini bertolak belakang dengan jalur kader. Ia tak perlu memulai dari bawah. Namun, langsung mencapai posisi tertentu di partai.

Misalnya, apa yang terjadi pada Sandiaga Uno. Sandiaga bukanlah kader partai yang memulai karirnya dari bawah.

Sandiaga dulunya adalah pengusaha. Ia sukses dengan bisnisnya kemudian masuk ke politik. Di politik, karena pengaruh—bisa juga kekayaan—ia langsung mendapat posisi penting ketika bergabung dengan Gerindra. Saat itu, ia bahkan langsung menjadi calon Wakil Gubernur DKI (berpasangan dengan Anies Baswedan) dan menang!

Dari dua jalur ini, Kaesang sepertinya masuk politik dari jalur kedua. Tapi, ia berbeda dengan Sandiaga. Ia tak hanya mendapat posisi penting, tapi langsung jadi ketua umum dan itu tak pernah terjadi.

Ada beberapa hal yang dapat ditarik pelajaran dari peristiwa politik ini.

Kaesang mencatatkan sejarah. Ia barangkali orang pertama yang menjadi Ketua Umum partai dengan waktu terpendek: dua hari!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News