Kafein Membantu Daya Ingat

Kafein Membantu Daya Ingat
Kafein Membantu Daya Ingat

jpnn.com - WASHINGTONDC--Para ilmuwan Amerika berhasil menemukan hubungan antara kafein dan memori manusia. Menurut studi itu, ada kemungkinan suatu saat nanti manusia akan sangat bergantung pada kopi atau produk yang mengandung kafein untuk membangkitkan ingatannya.

Para peneliti dari universitas Johns Hopkins melibatkan orang-orang yang tidak teratur makan atau minum produk berkafein. "Mereka diberi tablet kafein 200 miligram, setara dengan kafein dalam secangkir besar kopi," kata Prof Michael Yassa Johns Hopkins University.

Laman BBC menyebutkan, penelitian yang diterbitkan di Nature Neuroscience itu, menguji memori dari 160 orang selama 24 jam. Mereka yang mengonsumsi tablet kafein, ternyata memiliki memori lebih baik dibandingkan yang tidak meminumnya.

"24 jam mungkin tidak terdengar seperti waktu yang lama, tetapi dalam hal studi memori kebanyakan lupa dalam beberapa jam pertama setelah belajar sesuatu. Tapi orang yang mengonsumsi kafein lebih baik daya ingatnya," ujarnya.

Tim peneliti kini menyelidiki misteri kafein yang terjadi di hippocampus atau pusat memori otak, sehingga mereka dapat memahami efeknya. Namun, meski kafein memiliki manfaat tersebut, Prof Yassa menyatakan temuan itu tidak berarti orang harus bergegas keluar dan minum banyak kopi, makan banyak cokelat atau mengonsumsi banyak pil kafein.

"Jika anda mengambil terlalu banyak kafein akan ada konsekuensi negatif bagi tubuh," pungkasnya. (esy/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Tips Sehat di Musim Hujan

WASHINGTONDC--Para ilmuwan Amerika berhasil menemukan hubungan antara kafein dan memori manusia. Menurut studi itu, ada kemungkinan suatu saat nanti


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News