KAI Daop 3 Cirebon Setop Layanan GeNose di Beberapa Stasiun Selama PPKM Darurat

KAI Daop 3 Cirebon Setop Layanan GeNose di Beberapa Stasiun Selama PPKM Darurat
Calon penumpang kereta di Cirebon saat tes GeNose di Stasiun Cirebon, Jawa Barat, Senin (15/2/2021). ANTARA/Khaerul Izan

jpnn.com, CIREBON - Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, Suprapto, mengatakan layanan GeNose kepada calon penumpang di beberapa stasiun dihentikan sementara.

"Untuk layanan GeNose (di beberapa stasiun Daop 3 Cirebon) dihentikan dahulu," kata Suprapto di Cirebon, Sabtu (3/7).

Layanan Genose, kata dia, digantikan dengan surat hasil test negatif tes PCR dan antigen, selama PPKM darurat.

Untuk hasil tes GeNose pada PPKM darurat tidak digunakan lagi sebagai persyaratan penumpang yang akan menggunakan jasa kereta api jarak jauh.

"(Penghentian pelayanan GeNose) sampai kami informasikan lebih lanjut," tuturnya.

Menurut dia, mulai 5-20 Juli 2021, pelanggan kereta api jarak jauh di wilayah Daop 3 Cirebon wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes PCR maksimal 2 x 24 jam atau tes antigen maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Selain itu, khusus perjalanan kereta api jarak jauh di Pulau Jawa, pelanggan juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

Dia menambahkan bagi pelanggan dengan kepentingan khusus yang tidak atau belum divaksin dengan alasan medis, tetap dapat menggunakan kereta api jarak jauh dengan menunjukkan surat keterangan dari dokter spesialis.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Jabar, Suprapto, mengatakan layanan GeNose kepada calon penumpang di beberapa stasiun dihentikan sementara, digantikan dengan surat hasil tes negatif PCR dan antigen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News