KAI Prediksi Penumpang Tembus 700 Ribu

KAI Prediksi Penumpang Tembus 700 Ribu
Tampak antrian penumpang di stasiun Pasar Turi Surabaya. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Antisipasi lonjakan penumpang dalam rangka libur nataru telah disiapkan PT KAI Daop 8 Surabaya. Salah satunya menambah gerbong kereta tujuan jarak jauh hingga tangga 6 Januari mendatang.

Deputy Executive Vice President (DEVP) PT KAI Daop 8 Djainuri mengatakan, tahun ini ada tambahan enam kereta untuk Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Gubeng. Kereta tambahan di Stasiun Gubeng berjumlah empat unit.

Kereta tersebut terdiri atas Gajayana tambahan, Sancaka tambahan, Pasundan tambahan, dan Matarmaja tambahan. Semua merupakan tujuan jarak jauh. ''Yang paling banyak memang tujuan jarak jauh. Jakarta, Bandung, dan Jogjakarta,'' katanya.

Penumpang saat momen Nataru tahun ini diperkirakan meningkat 4 persen dibanding 2017. Tahun lalu tercatat 692.327 orang. Saat ini lonjakan penumpang masih dalam tahap arus mudik.

Djaenuri mengatakan, banyak penumpang yang turun tidak sesuai dengan tujuan yang tertera di tiket. Misalnya, penumpang pesan tujuan Jakarta, tetapi turun di Cirebon. 

Penumpang seharusnya menyebut sesuai dengan tujuan sebelumnya. Akibatnya, yang awalnya tercatat penuh, ketika sampai di beberapa stasiun, kursi tampak lengang. ''Kami berharap penumpang bisa mengerti. Kami akan terus sosialisasikan hal ini,'' katanya. (dan/c15/dio)

Kereta tersebut terdiri atas Gajayana tambahan, Sancaka tambahan, Pasundan tambahan, dan Matarmaja tambahan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News