KAI Uji Coba Jalur Baru di Lokasi Kecelakaan KA Malabar

KAI Uji Coba Jalur Baru di Lokasi Kecelakaan KA Malabar
KAI Uji Coba Jalur Baru di Lokasi Kecelakaan KA Malabar

jpnn.com - BANDUNG - PT Kereta Api Indonesia segera menguji coba rel baru di lokasi longsor di KM 244+0/1 di Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (7/4). Ya, itu adalah lokasi kecelakaan KA Malabar jurusan Bandung-Malang yang merenggut korban jiwa beberapa hari lalu. 

Rencananya, rel yang baru dipasang akan diuji coba siang ini dengan menggunakan lokomotif CC-203. Lokomotif Itu adalah lokomotif yang biasa melintas di jalur tersebut.

"Bila hasil uji cobanya sudah tahan dan stabil, maka pada sore harinya akan dilintasi oleh KA pertama di jalur itu," kata Kepala Humas Daop II Bandung Zunerfin di Bandung, Senin.  

Menurut Zunerfin, kemungkinan KA pertama yang akan melintas itu dari arah Stasiun Bandung.  Dia lantas menjelaskan, rel itu dipindahkan menjauh dari lokasi longsor sekitar tiga meter dan panjang ruang rel yang diperbaiki sepanjang 200 meter.

Pemindahan rel baru itu dilakukan agar tahanan tanah di bantalan rel lebih kuat dan tidak mudah tergerus. Selain itu tikungannya menjadi lebih landai. 

Tak hanya itu, di masa-masa awal penggunaan jalur baru itu, KAI juga bakal menempatkan petugas untuk melakukan pengawasan. (ant/rr/mas)


BANDUNG - PT Kereta Api Indonesia segera menguji coba rel baru di lokasi longsor di KM 244+0/1 di Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (7/4). Ya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News