Kajian Terbaru Inggris soal Varian Baru Virus Corona, Sedikit Bikin Lega

Kajian Terbaru Inggris soal Varian Baru Virus Corona, Sedikit Bikin Lega
Ilustrasi logo peneliti berupaya menciptakan vaksin virus corona. Foto: Antara

jpnn.com, LONDON - Sebuah kajian yang dilakukan oleh Public Health England--lembaga pemerintah Inggris urusan kesehatan masyarakat--menunjukkan bahwa varian baru virus COVID-19 tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah dibandingkan virus varian sebelumnya.

Para ilmuwan menyebut bahwa varian baru ini dapat menyebar dengan lebih cepat. Kasus virus varian baru pertama kali dideteksi di Inggris pada pertengahan Desember lalu, sehingga membuat sejumlah negara mengambil kebijakan pembatasan perjalanan ke negara itu.

Saat ini, beberapa negara di Eropa dan belahan dunia lain telah melaporkan munculnya kasus virus varian baru tersebut.

Dalam kajian Public Health England, para peneliti membandingkan 1.769 orang yang terinfeksi virus varian baru dengan 1.769 pasien terinfeksi virus "jenis liar", dan kedua kelompok tersebut cocok dengan rasio satu banding satu secara umur, jenis kelamin, area kediaman, serta waktu pengujian.

Dari 42 orang yang dilarikan ke rumah sakit, 16 di antaranya terinfeksi virus varian baru sementara 26 lainnya terinfeksi virus jenis terdahulu, menurut kajian tersebut. Dalam hal jumlah kematian, angkanya 12 berbanding 10 kasus meninggal dunia, berturut-turut untuk pasien virus varian baru berbanding varian lama.

"Hasil awal dari kajian kelompok ini menunjukkan tidak adanya perbedaan statistik yang signifikan dalam hal perawatan di rumah sakit dan kasus kematian selama 28 hari antara kasus varian baru dengan kasus pembanding jenis liar," dikutip dari kajian ini.

Tidak ada pula perbedaan signifikan dalam hal kemungkinan infeksi ulang virus varian baru jika dibandingkan dengan varian lainnya.

Dalam kajian tersebut, bagaimanapun, disebutkan bahwa angka serangan susulan, atau proporsi kontak dari kasus terkonfirmasi yang menjadi kasus baru, muncul lebih tinggi pada pasien terinfeksi virus varian baru.

Kasus varian baru virus corona pertama kali dideteksi di Inggris pada pertengahan Desember lalu

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News