Kakek-Nenek Belajar Membaca, Malu sama Cucu, Tak Mau Ditipu

Kakek-Nenek Belajar Membaca, Malu sama Cucu, Tak Mau Ditipu
Sutami, seorang nenek, tengah serius belajar membaca dan menulis di PKBM Tunas Bangsa, Desa Tukul, Probolinggo, Jawa Timur. Foto : Nicha/JPNN
Belajar membaca, menulis dan berhitung (calistung) bukanlah suatu kesulitan yang hanya dialami oleh ana-anak usia wajib belajar.Proses pembelajaran calistung ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi para lansia di Desa Tukul, Kabupaten Probolinggo (Jawa Timur), dan juga Desa Kubu , Kabupaten Karangasem (Bali).

----------------------------

NICHA RATNASARI-JPNN

----------------------------

Desa Tukul yang terletak di lereng pegunungan Bromo ini jaraknya sekitar 35 kilometer dari pusat kota Probolinggo. Untuk menuju desa Tukul ini, JPNN beserta rombongan sekitar 10 orang dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) harus melalui jalanan yang terus menanjak, berkelok-kelok dan dikelilingi oleh hutan pinus.

Tak jarang kendaraan mobil berjenis Travello harus mundur berkali-kali karena tidak kuat menanjak. Alhasil, rombongan pun harus turun dari kendaraan dan berjalan kaki menanjak sampai menemukan jalanan yang rata dan bisa kembali naik ke mobil.

Belajar membaca, menulis dan berhitung (calistung) bukanlah suatu kesulitan yang hanya dialami oleh ana-anak usia wajib belajar.Proses pembelajaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News