Kakek-Nenek Lebih Baik Bermain dengan Cucu

Bikin Panjang Umur, Bantu Perkembangan si Kecil

Kakek-Nenek Lebih Baik Bermain dengan Cucu
Foto Ilustrasi: Dimas Alif/Jawa Pos

jpnn.com - SALAH satu kebahagiaan warga senior (kakek dan nenek) adalah bermain bersama cucu. Selain bisa memperpanjang usia, itu baik untuk tumbuh kembang si kecil.

Bila selama ini para warga senior hanya beraktivitas di dalam rumah, mulai sekarang sebaiknya diubah. Sebab, kondisi mereka bisa jadi lebih fit bila sering diajak bepergian bersama cucu tercinta.

”Beraktivitas bersama cucu bikin suasana hati senang,” kata psikolog Pinkan Hapsari SPSi MPSi.

Menurut dia, kebersamaan dengan cucu seperti bermain, mengamati, atau sekadar berjalan-jalan membuat emosi si kakek atau nenek lebih stabil. Sebab, mereka cenderung bercerita tentang kisah hidup zaman dahulu yang penuh kesenangan dan kebahagiaan. Karena itu, mau tak mau mereka ikut senang mengingat memori masa lalu yang indah.

Psikolog RS Bedah Surabaya itu menambahkan, kesenangan juga merupakan sebuah simbol. ”Simbol keberhasilan membesarkan anak cucu dan melihat mereka hidup bahagia,” papar perempuan berkulit sawo matang itu. Saat melihat cucu tumbuh sehat dan aktif, akan timbul perasaan fulfill. Mereka merasa bisa membesarkan dan membimbing anak cucu dengan baik.

Hal tersebut juga menjadi penghargaan bagi kaum manula di usia tua. Pinkan menyebutkan, saat seseorang senang, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon yang membikin semangat, ceria, antistres dan depresi.

”Seperti hormon oksitosin yang bisa menimbulkan rasa fly, senang, juga antusias,” ungkapnya. Dia menjelaskan, saat perasaan sedang bahagia dan senang, imunitas tubuh meningkat.

Karena itulah, lansia yang jarang stres dan murung tidak gampang sakit. Emosinya ikut stabil. "Maka, kaum lansia itu jadi panjang umur. Karena mereka tidak sakit-sakitan,” jelas perempuan berambut ikal itu.

SALAH satu kebahagiaan warga senior (kakek dan nenek) adalah bermain bersama cucu. Selain bisa memperpanjang usia, itu baik untuk tumbuh kembang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News