Kalahkan Steve Jobs, Kejar Laskar Pelangi

Kalahkan Steve Jobs, Kejar Laskar Pelangi
Dua buku dahlan Iskan Ganti Hati dan Dua Tangis dan Ribuan Tawa di Gramedia Pondok Indah Mall Jakarta.Foto: RAKA DENNY/JAWAPOS
STEVE Jobs sudah dilewati, berikutnya Andrea Hirata yang bakal dikejar. Itulah gambaran kencangnya penjualan buku-buku karya Dahlan Iskan karena tingginya respons pembeli.

Menurut Assistant Marketing Communication Manager Penerbit Gramedia Budiyana, buku Steve Jobs terbitan Mizan hanya mampu terjual 5 ribu?6 ribu pada Desember 2011. Padahal, Gramedia sudah melakukan active selling. Caranya, merekomendasikan buku-buku itu saat pengunjung di kasir.

Untuk buku Dahlan berjudul Dua Tangis dan Ribuan Tawa, papar Budi, juga dilakukan active selling. Tapi, respons terhadapnya jauh lebih gila. Hasil active selling Dua Tangis mencapai 10 ribu eksemplar. Dua kali lipat jika dibandingkan dengan buku mendiang pendiri Apple Inc itu.

Active selling merupakan model penjualan yang dilakukan Toko Buku Gramedia. Teknisnya, merekomendasikan buku di kasir, mengerahkan pegawai toko buku untuk berpromosi langsung kepada pengunjung, serta memajangnya di pilar dan rak best seller.

STEVE Jobs sudah dilewati, berikutnya Andrea Hirata yang bakal dikejar. Itulah gambaran kencangnya penjualan buku-buku karya Dahlan Iskan karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News