Kalau Bu Khofifah Tidak Bisa, Pak Tito Karnavian Turun Tangan

Kalau Bu Khofifah Tidak Bisa, Pak Tito Karnavian Turun Tangan
Mendagri Tito Karnavian (kiri, depan) bersama Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti usai konsultasi terkait persoalan Kabupaten Jember di Kantor DPD RI, Jakarta, Senin (22/6). Foto: ANTARA/HO/DPD

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menunggu keputusan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terkait konflik Bupati Jember Faida dengan DPRD setempat yang berlarut selama ini.

"Saya mendapat laporan, Gubernur Jatim tanggal 24-26 Juni akan melakukan pemeriksaan kembali terhadap permasalahan ini. Kami di Kemendagri menunggu hasilnya, jika tidak tuntas, baru kami akan melakukan langkah berikutnya," kata Tito dalam Forum Konsultasi dan Mediasi yang difasilitasi DPD RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (22/6).

Selain Mendagri dan Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, hadir dalam forum tersebut Wakil Ketua DPD RI Sultan Baktiar Najamudin, Ketua Badan Akuntabilitas Publik (BAP) DPD RI Slyviana Murni, Ketua dan Pimpinan DPRD Kabupaten Jember, Senator DPD RI Ahmad Nawardi, Bustami Zainudin dan sejumlah tokoh masyarakat dari Kabupaten Jember.

Menurut Mendagri, persoalan Kabupaten Jember sebenarnya adalah terkait dengan komunikasi antara kepala daerah dan DPRD sehingga mekanisme check and balance tidak berjalan.

Sementara itu La Nyalla mengatakan forum konsultasi ini digagas dalam rangka mediasi sekaligus mencari jalan keluar yang efektif dan tepat terhadap dinamika politik antara Bupati dan DPRD Kabupaten Jember yang berlarut-larut sehingga menghambat pembangunan daerah.

"Apalagi saat ini dampak pandemi COVID-19 sangat merugikan masyarakat, sudah seharusnya semua pihak diharapkan kompak dan bersinergi agar ekonomi daerah tetap berjalan," ujar La Nyalla.

Dia menambahkan, pada prinsipnya DPD RI mendukung langkah yang akan diambil Mendagri terkait hal tersebut, mengingat pembangunan di Kabupaten Jember harus tetap berjalan dan kondusif.

"Karena itu, DPD RI melalui Badan Akuntabilitas Publik yang dipimpin Ibu Sylviana Murni mengambil inisiatif untuk mempercepat penyelesaian soal ini supaya tidak terus menerus berlarut," tandas senator dari daerah pemilihan Jawa Timur itu.

Tito Karnavian masih menunggu Khofifah Indar Parawansa menuntaskan masalah yang telah berlarut itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News