Kalau Kondisinya Begini, KLB Partai Demokrat Segera Terwujud

Kalau Kondisinya Begini, KLB Partai Demokrat Segera Terwujud
Pengamat politik Ujang Komarudin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin memprediksi kongres luar biasa (KLB) Partai Demokrat bakal terwujud, jika nantinya muncul pengurus-pengurus palsu alias abal-abal yang mengaku sebagai pemilik suara.

"Jika KLB dilakukan dengan pemilik suara jadi-jadian dan abal-abal maka bisa saja terjadi. Seperti di Partai Berkarya," ujar Ujang kepada jpnn.com, Rabu (3/3).

Dosen di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) ini meyakini, KLB tidak akan terlaksana di partai yang mengantarkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjabat presiden dua periode, jika KLB diikuti pemilik suara yang sah.

"Kalau diikuti pemilik suara sah Demokrat, KLB itu saya kira akan sulit terlaksana," ucapnya.

Pasalnya, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini meyakini Ketua Majelis Tinggi PD SBY, masih sangat berpengaruh di internal partai. 

"Saya kira SBY sampai saat ini masih berpengaruh di internal partai yang pernah berkuasa itu," katanya. 

Meski demikian, Ujang tidak menutup kemungkinan adanya kader pemilik suara yang membelot.

"Penyebabnya, bisa saja pihak yang punya kekuasaan, menjanjikan lebih pada kader yang kecewa pada SBY untuk melawannya. Jadi, soliditas saya kira sangat penting," pungkas Ujang. (gir/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

KLB Partai Demokrat diprediksi bakal terwujud, jika nantinya muncul pengurus-pengurus palsu alias abal-abal yang mengaku sebagai pemilik suara.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News