Kalla Minta Organda Turunkan Tarif

Membandel, Pemda Harus Menindak

Kalla Minta Organda Turunkan Tarif
Kalla Minta Organda Turunkan Tarif
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menekan Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) segera menurunkan tarif angkutan umum. Sebab, pemerintah sudah tiga kali menurunkan harga bensin dan solar, sementara Organda bersikukuh tak mau menurunkan tarif angkutan umum.

''Saya minta pengusaha sportif karena semua sudah diturunkan. Bukan hanya bensin, tapi juga tarif bea masuk (suku cadang kendaraan bermotor, Red)," tegas Kalla dalam keterangan pers di Kantor Wakil Presiden, Jumat (16/1).

Alasan Organda menolak penurunan tarif karena harga suku cadang tidak turun signifikan dinilai Wapres tidak masuk akal. Pasalnya, tiga kali penurunan harga BBM dalam dua bulan terakhir telah menyebabkan deflasi atau penurunan seluruh harga kebutuhan masyarakat meski tidak terlalu tinggi. ''Lain kali, kalau harga BBM naik lagi dan mereka (pengusaha angkutan darat) minta naik tarif, kita tanya saja, kemarin sudah turun belum?" katanya.

Wapres mengakui, presiden dan dirinya sudah memerintah Departemen Perhubungan dan pemerintah kabupaten/kota untuk membuat kebijakan khusus bila Organda masih membandel tak mau menurunkan tarif angkutan umum. ''Saya sudah perintahkan. Saya yakin, dalam waktu dekat (tarif angkutan umum) akan turun," tegasnya.

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menekan Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) segera menurunkan tarif angkutan umum. Sebab, pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News