Kamboja Berhasil Paksa Sotheby Kembalikan Patung Kuno

Kamboja Berhasil Paksa Sotheby Kembalikan Patung Kuno
Kamboja Berhasil Paksa Sotheby Kembalikan Patung Kuno

jpnn.com - NEW YORK--Setelah setahun lebih berseteru di pengadilan, Pemerintah Kamboja akhirnya berhasil memaksa balai lelang Sotheby's New York menyepakati untuk mengembalikan sebuah patung kuno ke Kamboja.

Kesepakatan yang ditandatangani pengacara Sotheby's dan pemerintah Amerika Serikat menyebutkan patung akan dikembalikan kepada perwakilan Kamboja di New York dalam waktu 90 hari.

Dijelaskan, patung itu ditarik dari pelelangan tahun 2011 setelah pemerintah Kamboja menyebutkan bahwa patung itu dicuri dari kompleks Candi Koh Ker pada 1970-an.

Sebelumnya perundingan dengan Sotheby gagal, jaksa penuntut Amerika Serikat lantas mengajukan gugatan hukum tahun lalu dengan alasan bahwa balai lelang tersebut mengetahui patung dicuri ketika diimpor ke AS.

Namun dalam kesepakatan yang ditandatangani Kamis lalu, sudah dicabut dugaan kalau Sotheby's mengetahui patung sebagai hasil curian dan mereka tidak mengetahuinya sebagai milik Kerajaan Kamboja karena mendapat informasi yang salah.

Juru bicara pemerintah Kamboja, Ek Tha, menyambut baik kesepakatan yang dicapai."Saya yakin roh dari nenek moyang Khmer yang membangun patung ini akan berdiri dan tersenyum ketika patung kembali," tuturnya.

Kesepakatan ini dicapai menyusul dikembalikannnya patung asal Abad 10 dari candi yang sama oleh Metropolitan Museum of Art di New York, pertengahan tahun ini. (esy/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Simpati untuk Korban Drone

NEW YORK--Setelah setahun lebih berseteru di pengadilan, Pemerintah Kamboja akhirnya berhasil memaksa balai lelang Sotheby's New York menyepakati


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News