Kampung Halaman Muslim Uighur Jadi Produsen Kapas Terbesar di Tiongkok

Kampung Halaman Muslim Uighur Jadi Produsen Kapas Terbesar di Tiongkok
Sebuah ladang kapas di wilayah Awat, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, Tiongkok. Dengan sejarah panjang penanaman kapas, Awat dikenal sebagai "Kota Kapas" di Tiongkok. Foto: Xinhua

jpnn.com, XINJIANG - Biro Statistik Nasional Tiongkok mencatat produksi kapas Daerah Otonom Uighur Xinjiang tahun ini melampaui 5 juta ton. Jumlah itu setara dengan 84,9 persen total produksi kapas Tiongkok.

Diberitakan Xinhua, luas area penanaman kapas di Xinjiang mencapai sekitar 2,54 juta hektare pada 2019 atau 76 persen dari total luas area penanaman kapas di Tiongkok.

Otoritas setempat mengatakan, Xinjiang menempati peringkat pertama dalam total produksi kapas, produksi per unit dan area penanaman selama 25 tahun berturut-turut.

Produksi di lebih dari 90 persen ladang kapas di Xinjiang utara telah dimekanisasi. Sementara laju mekanisasi panen kapas di Xinjiang selatan juga meningkat dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data 2017, Tiongkok adalah produsen kapas terbesar kedua di dunia di bawah India. Negeri Tirai Bambu itu tercatat memproduksi 17,14 ton kapas per tahun. (Xinhua/ant/dil/jpnn)

Biro Statistik Nasional Tiongkok mencatat produksi kapas Daerah Otonom Uighur Xinjiang tahun ini melampaui 5 juta ton. Jumlah itu setara dengan 84,9 persen total produksi kapas Tiongkok.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News