Kampung Iklim, Menteri LHK: Program Nyata Penanggulangan Perubahan Iklim

Kampung Iklim, Menteri LHK: Program Nyata Penanggulangan Perubahan Iklim
Menteri Lingkungan dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya ke Kampung Ikim di Karawaci Tangerang pada Kamis (18/3/2021). Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan program kampung iklim (Proklim) merupakan program nyata penanggulangan perubahan iklim. Program tersebut akan terus diupayakan dan dapat direplikasi di berbagai tempat di seluruh Indonesia sebagai upaya bersama masyarakat dalam melakukan pengendalian perubahan iklim.

“Konsep kampung iklim adalah bagaimana kita secara bersama sama mulai memakai gaya hidup ramah lingkungan,” ujar Menteri Siti dalam sambutannya pada kunjungan ke Kampung Ikim di Karawaci Tangerang dan di Sunter, Jakarta Utara pada Kamis (18/3/2021).

Menurut Menteri Siti, gaya hidup ramah lingkungan banyak bentuknya dan sangat dekat dengan kehidupan kita seperti bagaimana cara mengelola makanan, cara mengelola sampah, cara memakai air dan lain sebagainya.

Kesemuanya harus mulai dijadikan gaya hidup masyarakat sehari-hari agar upaya penanggulangan perubahan iklim dapat lebih konkret dan nyata terlihat hasilnya.

Hal ini, menurutnya sesuai dengan arahan Presiden Jokowi bahwa setiap program pemerintah untuk masyarakat terlihat bentuk nyatanya di lapangan.

Saat ini Proklim di Indonesia telah berjalan di hampir 3 ribuan desa seluruh Indonesia.

Menteri Siti berharap agar program ini dapat lebih banyak lagi direplikasi hingga mencapai 10 - 20 ribu kampung iklim di seluruh Indonesia.

"Seharusnya, menurut saya sepertiga desa seluruh Indonesia yang jumlahnya sekitar 80ribuan memahami gaya hidup ramah lingkungan ini karena penting," imbuhnya.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan program kampung iklim (Proklim) merupakan program nyata penanggulangan perubahan iklim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News