Kang Emil: Jabar Selatan Risiko Tinggi Bencana Alam

Kang Emil: Jabar Selatan Risiko Tinggi Bencana Alam
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. Foto: ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil mengungkap wilayah Jabar Selatan masuk kategori risiko tinggi bencana alam.

Dari 5.312 desa di Jabar, 19 di antaranya masuk kategori risiko tinggi bencana alam dan 3.500 desa masuk risiko sedang.

"Mayoritas desa rawan bencana hidrologi ada di wilayah Jabar Selatan khususnya Kabupaten Bogor," kata Kang Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Kamis (25/11).

Kang Emil mengatakan sebagai langkah antisipasi Pemprov Jabar sudah meminta BPBD mengawasi 19 desa tersebut.

Warga yang rumahnya di sekitar bantaran sungai dan perbukitan juga terus diingatkan agar selalu waspada saat terjadi hujan.

"Perkiraan musim hujan ekstrem sampai Januari 2022, maka RT/RW dan warga harus siaga 1 terutama yang rumahnya di bantaran sungai. Saya juga sudah perintahkan BPBD agar lakukan tindakan pencegahan terukur jangan sampai menunggu korban," sambungnya.

Sebelumnya, BMKG sudah memberikan peringatan bahwa prediksi musim ekstrem akan terjadi hingga Januari 2022.

Ada tujuh fokus utama yang ditekankan Kang Emil, yaitu perencanaan, pengorganisasian, dan pengujian peringatan dini, penyiapan pasokan kebutuhan dasar (logistik), penyuluhan pelatihan tanggal darurat, penyiapan lokasi, akurasi sistem data digital, dan penyiapan sarana.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil sebut wilayah Jabar Selatan khususnya Kabupaten Bogor masuk kategori risiko tinggi bencana alam.