Kang Maman: Sosok Itu Ada pada Diri Muhaimin Iskandar

Kang Maman: Sosok Itu Ada pada Diri Muhaimin Iskandar
Muhaimin Iskandar. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Dewan Syura Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maman Imanulhaq mengatakan, Indonensia butuh sosok calon wakil presiden dari kalangan santri untuk mendampingi Joko Widodo pada pemilihan presiden (pilpres) 2019.

Karena itu, Maman berpandangan kalangan santri yang memiliki pemahaman Islam transformatif dan moderat dibutuhkan untuk mengantisipasi langkah beberapa pihak yang memainkan isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Maman menegaskan sosok Islam transformatif dan moderat itu ada pada diri Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

“Sosok itu ada dalam diri Muhaimin Iskandar,” tegas Maman dalam diskusi Menakar Cawapres Potensial 2019 di gedung DPR, Jakarta, Kamis (9/11).

Dia menilai ketika politik yang dinamis namun memunculkan seseorang dengan menggoreng isu SARA tentu sangat berbahaya. Karena itu, dia berujar, dibutuhkan tokoh nasional yang bisa menjaga Pancasila dan kebinekaan sebagai napas kehidupan bangsa Indonesia.

Menurut dia pula, saat ini Cak Imin sudah mendapatkan dukungan dari kelompok santri dan pluralis. “Biarkan saja dukungan ini mengalir,” tegas anggota Komisi VIII DPR itu.

Dia mengaku, sampai saat ini PKB belum mengambil sikap resmi. Menurut dia, dorongan Cak Imin maju sebagai cawapres justru berasal dari relawan dan komunitas-komunitas. Mereka bergerak sendiri karena merasa membutuhkan sosok pemimpin yang pluralis.

Karena itu, relawan, santri hingga kiai muda di daerah-daerah terus bergerak melakukan sosialisasi untuk Cak Imin menjadi cawapres.

Maman menegaskan sosok Islam transformatif dan moderat itu ada pada diri Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News