Kanker Testis Bisa Dicegah dengan Cara Ini

Kanker Testis Bisa Dicegah dengan Cara Ini
Ilustrasi kanker testis. Foto: Hellosehat

jpnn.com, JAKARTA - Menurut Cancer Research UK, kanker testis cukup langka. Di Inggris, hanya 2.400 pria didiagnosis dengan penyakit ini setiap tahun. Saat ini, pembedahan adalah pengobatan utama bagi sebagian besar pasien. Namun, banyak juga yang ditawarkan kemoterapi untuk memastikan semua sel tumor hilang dan mencegah kanker agar tidak kembali.

Sayangnya, kemoterapi sering disertai dengan efek samping, termasuk kelelahan, mual, rambut rontok, dan infeksi. Para peneliti telah menemukan bahwa kambuhnya kanker testis bisa  dicegah dengan menggunakan setengah dari jumlah kemoterapi yang saat ini direkomendasikan, yang diharapkan akan mengurangi keparahan efek samping terkait pengobatan.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal European Urology itu dilakukan oleh Institute of Cancer Research, London dan University Hospitals dan Birmingham NHS Foundation Trust. Untuk penelitian ini, hampir 250 pria dengan kanker testis tahap awal yang dianggap berisiko penyakit mereka akan kembali setelah operasi, diberikan hanya satu siklus kemoterapi, dibandingkan dengan siklus standar dua atau tiga minggu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 1,3 persen dari peserta kanker mereka kembali, tingkat yang mirip dengan di antara pria yang memiliki enam minggu kemoterapi.

"Pria dengan kanker testis yang berisiko tinggi kambuh umumnya telah diobati dengan dua siklus kemoterapi - tetapi penelitian baru kami menemukan bahwa satu siklus cukup untuk menghentikan kekambuhan tumor mereka," kata Profesor Robert Huddart, salah satu pemimpin dari studi di Institute of Cancer Research, seperti dilansir laman Independent, Selasa (14/1).

"Penelitian kami telah menemukan bukti kuat yang menunjukkan bahwa kemoterapi kanker testis bisa dengan aman dikurangi dari dua siklus menjadi hanya satu siklus, yang membuat perawatan mereka lebih pendek, lebih baik dan lebih murah," jelas Prof Emma Hall, ilmuwan lain di institut itu.

Berbicara kepada Forbes, Mike Craycraft, seorang penderita kanker testis dan pendiri Testicular Cancer Society, mengatakan ia berharap penelitian ini akan membantu untuk menekankan bahwa satu putaran kemoterapi sudah cukup.

"Banyak ahli telah melakukan ini selama bertahun-tahun dalam pengaturan ajuvan (pengobatan yang diberikan selain pengobatan awal) dan ini memperkuat alasan untuk ini. Saya sering berbicara dengan pasien mempertimbangkan dua putaran dan meminta mereka untuk mendapatkan pendapat kedua karena mungkin tidak sepadan dengan toksisitas," tambah Craycraft.

Kanker testis bisa dicegah kekambuhannya dengan menggunakan setengah dari jumlah kemoterapi yang saat ini digunakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News