Rabu, 12 Desember 2018 – 16:27 WIB

Kantong Udara Takata Bermasalah Masih Banyak Yang Belum Diganti di Australia

Kamis, 02 Agustus 2018 – 14:00 WIB
Kantong Udara Takata Bermasalah Masih Banyak Yang Belum Diganti di Australia - JPNN.COM

Komisi Perlindungan Konsumen di Australia (ACCC) kembali mengeluarkan peringatan mengenai kantong udara penyelamat (airbag)merek Takata yang harus segera diganti, yang disebut seperti 'bom waktu yang terus menyala.'

ACCC mengeluarkan data terbaru mengenai penarikan airbag Takata di Australia dan diharapkan data terbaru ini akan memaksa perusahaan pembuat mobil untuk mengganti airbag tersebut secepat mungkin.

Kantong Takata Yang Bermasalah

Masih ada sekitar 1,6 juta mobil yang memerlukan penggantian airbag Takata dengan 19 ribu diantaranya kemungkinan dipasang airbag Alpha yang bisa menyebabkan kematian.

Untuk pertama kalinya, ACCC mengeluarkan data mengenai dimana saja lokasi mobil-mobil yang perlu diperbaiki dan berapa banyak mobil yang selama ini sudah diganti dengan airbag baru.

Negara bagian New South Wales menjadi negara bagian yang paling tinggi dimana 448 ribu mobil masih harus diperbaiki, disusul negara bagian Victoria dengan 400 ribu kendaraan.

Diantara kedua negara bagian ini, terhadap sekitar 10 ribu mobil yang memiliki airbag Alpha yang bermasalah tersebut.

Menurut Kepala ACCC Delia Rickard, mobil-mobil yang bermasalah tersebut tidak seharusnya masih berada di jalan raya.

"Saya kira mobil-mobil itu adalah bom waktu yang terus menyala, itulah mengapa kami sangat tegas dalam pesan yang kami sampaikan." kata Rickard kepada ABC.

"Bila anda memiliki salah satu dari kendaraan tersebut jangan gunakan lagi. Ada kemungkinan 50 persen bahwa bila terjadi tabrakan, airbag itu bisa meledak, dan menghamburkan pecahan besi ke seluruh mobil."

Direktur Eksekutif Kamar Dagang Industri Otomotif Australia (FCAI) Tony Weber mengatakan bahwa perusahaan mobil di Australia sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengganti semua airbag yang bermasalah dengan menghubungi para pemilik mobil.

"Ini termasuk surat, telepon dan bahkan ada juga yang berusaha langsung mencari alamat rumah dengan mengetok pintu untuk memberitahu agar mobil mereka dibawa ke dealer untuk diganti." katanya.

Di Australia, inilah mobil-mobil yang dipasangi airbag Takata yang bermasalah.

  • BMW 3 Series E46
  • Honda Accord, CR-V, Civic, Accord Euro, Jazz, MDX
  • Lexus SC430
  • Mazda 6, RX-8
  • Nissan N16, Pulsar, Y61 Patrol, D22 Navara, T30 X-Trail
  • Toyota Corolla, Avensis Verso, Echo, Rav 4

Lihat berita selengkapnya dalam bahasa Inggris di sini

 
SHARES
Komentar