Kapal Bermuatan 135 Ton Minyak Goreng Tenggelam, Nahkoda dan ABK Selamat

Kapal Bermuatan 135 Ton Minyak Goreng Tenggelam, Nahkoda dan ABK Selamat
Ilustrasi. Foto: jawapos

jpnn.com, BABEL - Kapal Layar Motor (KLM) Pantai Indah bermuatan 135 ton minyak goreng merk Fortune, tenggelam di perairan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Babel, Minggu (20/8) dinihari kemarin.

Empat awak kapal yang terdiri dari Bapen (nahkoda), Teguh, Aman, dan Aman Cik (46), M Teguh (59) dan Hanafi (42) (ABK) berhasil dievakuasi setelah sebelumnya berjuang menyelamatkan diri ke pulau terdekat.

Kapal yang bertolak dari pelabuhan Marina Palembang menuju Belitung diduga diterjang ombak.

Pejabat sementara (Pjs) Danposmat TNI AL Toboali, Pelda Lis Paul Prisko S seizin Danlanal Bangka Belitung (Babel) membenarkan kejadian tersebut. Namun menurutnya, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa lantaran berhasil diselamatkan oleh nelayan Toboali, Ridwan.

"Tidak ada korban jiwa, nakhoda dan ABK (Anak Buah Kapal) diselamatkan oleh Ridwan nelayan jaring warga Tanjung Ketapang Toboali. Kejadiannya sekira pukul 04.00 Wib, KLM Pantai Indah tenggelam di perairan laut Toboali di koordinat 03°11' 019''S - 106° 33' 441'' T perairan Toboali KL 25 mil dari pantai, kemudian nahkoda dan ABK berusaha menyelamatkan diri mengapung di laut dengan pelampung dan peralatan seadanya," jelas Paul seperti dilansir Babel Pos (Jaa Pos Group) hari ini.

Berdasarkan data yang diperoleh, sekira pukul 02.00 Wib KLM Pantai Indah melintas di perairan Toboali sekitar 25 mil dari Pulau Dapur.

Kapal tersebut tiba-tiba mengalami kebocoran dibagian lunas kapal, sehingga mereka berusaha memompa air yang masuk ke kapal sambil berusaha merubah haluan kapal menuju daratan terdekatan. Tetapi, karena bocornya terlalu besar sehingga akhirnya kapal tersebut tenggelam.

Kata Paul bahwa pukul 10.30 Wib Minggu (20/8), nahkoda dan ABK KLM Pantai Indah datang ke kantor Posmat TNI AL Toboali didampingi Ridwan nelayan jaring warga Tanjung Ketapang Toboali melaporkan terkait kejadian tersebut.

Kapal Layar Motor (KLM) Pantai Indah bermuatan 135 ton minyak goreng merk Fortune, tenggelam di perairan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News