Kapal Karam di Kawasan Nasional Komodo, 4 Wisatawan Asing Selamat

Kapal Karam di Kawasan Nasional Komodo, 4 Wisatawan Asing Selamat
Empat wisatawan asing berhasil dievakuasi setelah kapal yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan (karam) dan tenggelam di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. Foto: Timor Express/JPNN.com

jpnn.com, LABUAN BAJO - Manta Point, sebuah titik dive spot yang gemar dikunjungi wisatawan di Labuan Bajo, kembali menunjukkan ‘keangkerannya’. Kali ini, giliran sebuah kapal wisata yang mengangkut warga asing kembali karam dan tenggelam, Minggu (23/7) pagi di Perairan Taka Makassar sekitar kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Setelah pada 8 Juli 2017 lalu, di lokasi itu KM. Warisan Komodo sempat karam, kini, di tempat yang sama kembali karam sebuah kapal wisatawan.

Data yang dihimpun Timor Express (Jawa Pos Group), Minggu (23/7) menyebutkan sebuah kapal wisata yang berkapasitas 3 GT sedang mengangkut 4 orang wisatawan asal Malaysia, Inggris dan Amerika dalam pelayaran dari Seraya Kecil menuju Pulau Padar. Termasuk ada 1 orang ABK dan seorang nakhoda kapal.

Berdasarkan keterangan dari Kepala SAR Unit Labuan Bajo, Edy menyebutkan, keempat turis asing itu, yakni Marsita, warga negara Malaysia, Hary (WN Inggris), Jordan (WN Amerika), dan Stela (WN Inggris). Empat WNA ini berada di perahu yang di nakhodai Bijes, 27, dan Rian, 30, sebagai Anak Buah Kapal.

Edy menjelaskan, kapal tanpa nama berbobot 3 grooston (GT) itu berangkat dari pulau Seraya Kecil menuju Pulau Padar, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Tepat di perairan Taka Makasar, yang merupakan wilayah Taman Nasional Komodo (TNK), perahu tersebut mengalami kecelakaan.

Akibat kecelakan itu, demikian Edy, sekira pukul 09.00 Wita, pihaknya menerima laporan dan langsung mengirim empat orang Tim Rescue Pos SAR Labuan Bajo menggunakan 1 unit RIB 400 PK menuju lokasi kejadian.

Pukul 10.55 WITA Tim Rescue Pos SAR Labuan Bajo tiba di lokasi kejadian, selanjutnya melalukan proses evaluasi korban. Sekira pukul 10.55 Wita, hasil evakuasi Tim Rescue Pos SAR Labuan Bajo berhasil menyelamatkan seluruh penumpang berjumlah enam orang tersebut.

Selanjutnya nakhoda bersama ABK dan seluruh penumpang yang ditemukan selamat itu dibawa ke Labuan Bajo.

Manta Point, sebuah titik dive spot yang gemar dikunjungi wisatawan di Labuan Bajo, kembali menunjukkan ‘keangkerannya’. Kali ini, giliran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News