Kapal Pencari Teripang Terbakar, Dua ABK Terluka, Dua Lagi Hilang

Kapal Pencari Teripang Terbakar, Dua ABK Terluka, Dua Lagi Hilang
Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Fajar Priyanto dalam konfrensi persnya. Foto: pojoksatu

jpnn.com, SIBOLGA - Satu unit kapal nelayan pencari teripang terbakar di perairan pulau Bintanak atau 30 mil dari Sibolga, Sumatera Utara, Selasa (12/2).

Dua dari empat kru kapal bernama KM Mujur Indah GT 2 SUT 5 No 131 tersebut dinyatakan hilang.

Keduanya adalah, K Nazara yang merupakan nakhoda kapal dan Nazar Naupal, Anak Buah Kapal (ABK).

Sementara, dua kru lainnya, Saifansyah Siregar dan Azyun Amri ditemukan selamat dengan luka bakar serius.

Saifansyah Siregar mengalami luka bakar sekitar 50 persen pada badan bagian depan. Kemudian, Azyun Amri mengalami luka bakar 10 persen pada bagian tangan.

Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Fajar Priyanto dalam konfrensi persnya bersama Basarnas Sibolga, Polairud di Mako Lanal Sibolga, Kamis (14/2) mengatakan, kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh kapal nelayan lain yang langsung melakukan pertolongan.

“Kejadian itu pada tanggal 12 Februari 2019 pukul 15.00 WIB. Dan kapal mendapatkan pertolongan pertama dari rekan-rekan sesama nelayan dan di evakuasi ke darat Sibolga pada pukul 23.00,” kata Danlanal seperti dilansir New Tapanuli (Jawa Pos Group).

Setelah mendapat informasi, pemilik kapal kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Basarnas yang dilanjutkan berkoordinasi dengan Lanal Sibolga. “Kita semua berkolaborasi bersama untuk menyiapkan kegiatan penyelamatan kapal KM Mujur Indah,” ungkapnya.

Menurut keterangan yang berhasil dihimpun, penyebab kebakaran yakni tabung gas Elpiji yang meledak.

Satu unit kapal nelayan pencari teripang terbakar di perairan pulau Bintanak atau 30 mil dari Sibolga, Sumatera Utara, Selasa (12/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News