Kapal Perang Terbaru Jenis KCR Memperkuat Armada Tempur TNI AL

Kapal Perang Terbaru Jenis KCR Memperkuat Armada Tempur TNI AL
Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji pada saat pengukuhan Komandan Kapal perang berjenis Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 meter di PT. PAL Surabaya, Kamis (25/7/2019). Foto: Dispen Koarmada II

jpnn.com, JAKARTA - Panglima Koarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto menghadiri upacara peresmian dan pengukuhan KRI Kerambit-627 oleh Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji di PT. PAL Surabaya, Kamis (25/7/2019).

Kapal perang berjenis Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 meter ini adalah murni produksi PT. PAL Indonesia (Persero), yang akan memperkuat jajaran Koarmada I TNI AL. Kapal sepanjang 60 meter ini memiliki kecepatan maksimal 28 mil/jam.

BACA JUGA: Hebat! Indonesia Sudah Masuk 10 Besar Kekuatan Pertahanan di Dunia

Nama Kerambit diambil dari senjata tradisional Minangkabau. Senjata berbentuk pisau genggam kecil dengan ujung melengkung ini dinobatkan sebagai senjata paling mematikan di dunia.

Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Dirut PT. PAL yang berhasil membangun kapal ini secara mandiri. Menhan berharap keberhasilan PT PAL ini dapat mengubah mindset bangsa Indonesia dari konsumen menjadi produsen.

Menhan RI juga menyampaikan bahwa kita patut berbangga karena saat ini kekuatan pertahanan RI telah berada pada urutan 10 besar dunia.

“Saya berharap dengan penyerahan KRI Kerambit ini akan dapat lebih meningkatkan efek gentar kekuatan daya tempur relatif pertahanan Indonesia yang akan diperhitungkan dalam meningkatkan parameter kekuatan pertahanan kawasan maupun dunia,“ tegas Menhan RI.(fri/jpnn)


Kapal perang berjenis Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 meter ini adalah murni produksi PT. PAL Indonesia (Persero), yang akan memperkuat jajaran Koarmada I TNI AL.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News