Kapal Pesiar Presiden UEA 'Kalahkan' Milik Abramovich

Kapal Pesiar Presiden UEA 'Kalahkan' Milik Abramovich
Kapal pesiar Azzam, milik Presiden UEA Sheikh Khalifa Bin Zayed Al Nahyan. FOTO: Klaus Jordan

jpnn.com, RUSIA - MILIADER asal Rusia Roman Abramovich kini tak lagi menjadi pemilik kapal pesiar terbesar di dunia. Posisinya kini digeser oleh Presiden Uni Emirates Arab (UEA), Sheikh Khalifa Bin Zayed Al Nahyan. Sebab, kapal milik bos klub sepakbola Chelsea yang bernama Superyacht Eclipse dengan panjang 163,5 meter itu kini kalah besar dengan kapal bernama Azzam, yang merupakan milik Sheikh Khalifa. Kapal yang kini disebut-sebut terbesar di dunia itu panjangnya mencapai 180 meter.

Menurut majalah Yacht,  kapal pesiar Azzam dibangun oleh perusahaan konstruksi asal Jerman, Lurssen Yacht di Bremmen. Azzam mulai diperkenalkan kepada publik pada awal bulan April yang lalu, namun  baru sedikit informasi yang didapat mengenai struktur dan interior apa saja yang dimiliki oleh kapal pesiar raksasa itu.

Eclipse milik Abrahamovich tercatat memiliki 25 kabin pintu, ruang dansa, dua kolam renang dan memiliki sebuah kapal selam mini yang mampu menyelam hingga kedalaman 50 meter. Masih menurut sumber yang sama, Azzam memiliki enam jembatan dan ruang lounge sebesar 550 meter persegi. Tidak hanya itu, dalam kapal yang memiliki panjang 180 meter itu juga terdapat sejumlah suite room dengan beberapa ornamen sentuhan mewah lainnya.

Meskipun memiliki ukurannya yang besar, Azzam adalah kapal yang sangat cepat. Dengan memilki 94.000 tenaga kuda, Azzam mampu berkecepatan hingga 30 knot.

Tak tanggung-tanggung, untuk membangun Azzam, Sheikh Khalifa diperkirakan harus merogoh dana lebih dari GBP 400 juta atau setara Rp 6,5 miliar.

Hingga kini masih belum diketahui apakah Azzam akan berlayar di laut iternasional atau masih tetap akan bersandar di dermaga dengan tiang layar yang terpasang bendera UEA. Namun nampaknya wisatawan mancanegara yang berkunjung pengunjung ke Abu Dhabi, khususnya mereka yang akan menyaksikan ajang Volco Ocean Race pada 2015 mendatang sudah dapat melihat Azzam secara langsung. (nam/mas/jpnn)


MILIADER asal Rusia Roman Abramovich kini tak lagi menjadi pemilik kapal pesiar terbesar di dunia. Posisinya kini digeser oleh Presiden Uni Emirates


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News