Kapal Selam Alugoro-405 Siap Perkuat Alutsista TNI AL, Nih Spesifikasinya

Kamis, 18 Maret 2021 – 22:55 WIB
Kapal Selam Alugoro-405 Siap Perkuat Alutsista TNI AL, Nih Spesifikasinya - JPNN.com
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kiri) menyaksikan secara terima kapal selam Alugoro-405 di Dermaga Semenanjung Barat Divisi Rekayasa Umum PT PAL Indonesia (Persero), Surabaya, Rabu (17/3). Foto: Dispenal

jpnn.com, SURABAYA - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Alugoro-405 kapal selam jenis Diesel Electric siap memperkuat Alutsista di jajaran TNI AL khususnya Satuan Kapal Selam (Satsel) Komando Armada II Surabaya.

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memimpin acara serah terima kapal selam Alugoro-405 di Dermaga Semenanjung Barat Divisi Rekayasa Umum PT PAL Indonesia (Persero), Surabaya, Rabu (17/3).

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono ikut mendampingi Menhan Prabowo.

Nama Alugoro untuk kapal selam ini diambil dari nama senjata Prabu Baladewa yang berbentuk Gada dengan kekuatan pemusnah sangat dahsyat.

Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal) dalam keterangan persnya, menyebut, pemberian nama Alugoro kepada kapal selam TNI Angkatan Laut dengan harapan dan penuh keyakinan bahwa kapal ini akan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai senjata yang memiliki daya hancur yang besar dalam setiap peperangan.

KRI Alugoro-405 merupakan kapal selam ketiga jenis Diesel Electric, KRI sebelumnya KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardadedali-404.

KRI Alugoro kapal selam pertama yang dirakit di fasilitas PT PAL Surabaya, memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan ± 21 knot di bawah permukaan air, mampu berlayar lebih dari 50 hari dan dapat menampung lebih dari 40 kru kapal ditambah dengan satu tim pasukan elit TNI AL untuk menunjang fungsi operasinya.

Kegiatan serah terima kapal selam ini ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima dari Senior Executive Vice President Daewoo Shipbuilding Marine and Engineering (SEVP DSME) Park Du Seon kepada Kabaranahan Kemhan RI Marsda TNI Yusuf Jauhari.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...