Kapal Tanker Ludes Terbakar di Perairan Balikpapan

Kapal Tanker Ludes Terbakar di Perairan Balikpapan
Solar yang terbakar di perairan Balikpapan, tadi pagi. Foto: prokal/jpg

jpnn.com, BALIKPAPAN - Sebuah kapal tangker pengangkut bahan bakar minyak (BBM) solar terbakar di perairan Mamuju, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (31/3) siang.

Akibatnya kejadian itu tampak kobaran api di perairan disertai asap hitam membumbung tinggi. Menurut Kepala BPBD Provinsi Kaltim Frederik pihaknya masih berusaha memadamkan api tersebut.

Dia lantas menuturkan kronologis kejadian. Tumpahan solar itu ditemukan pada pagi tadi. Kemudian dilakukan penyelidikan hingga diketahui solar berasal dari sebuah kapal yang berlabuh di Pelabuhan Semayang.

“Awalnya kapal tanker yang berada di tengah laut mengalami tumpah solar yang mengakibatkan solar menyebar sekitar 300 meter radius dari pelabuhan,” terang dia kepada JPNN, Sabtu.

Dia menambahkan, solar yang tumpah itu rencananya akan dimusnahkan dengan cara dibakar di tengah laut.

“Namun dikarenakan kesalahan prosedur kapal juga mengalami kebakaran, untuk korban jiwa dan materi masih menunggu data,” tambah dia.

Saat ini kata dia sebanyak lima unit kapal dari Pelindo sedang melakukan pemutusan jalur solar yang tumpah di laut.

“Caranya berputar-putar di radius 200 meter dari titik api dan kapal yang terbakar,” tandas dia. (mg1/jpnn)

Sebuah kapal tanker pengangkut bahan bakar minyak (BBM) solar terbakar di perairan dekat Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (31/3) siang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News