Kapan Ibu Melahirkan Bisa Mulai Olahraga Lagi?

Kapan Ibu Melahirkan Bisa Mulai Olahraga Lagi?
Ibu dan anak. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - Olahraga merupakan kegiatan positif yang wajib dilakukan setiap orang, termasuk ibu yang baru saja melahirkan.

Tak hanya untuk menjaga kesehatan, hal ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya depresi pascamelahirkan.

Dilansir dari Livestrong, beberapa pakar kesehatan menyarankan para ibu untuk berolahraga setelah enam minggu usai melahirkan. 

Namun, bila persalinan dilakukan dengan operasi caesar atau operasi pada vagina lainnya, Anda sebaiknya menunggu lebih dari waktu tersebut.

Dikutip dari Baby Centre UK, Anda pun bisa melakukan latihan panggul di lantai (Kegels). Senam kegels bisa melindungi Anda dari stress incontinence dan dapat menekan lembut otot perut bawah, agar kekuatan otot tersebut kembali lagi. Jika ada yoga, Anda juga bisa mengikuti olahraga tersebut.

Intinya, semua aktivitas fisik setelah melahirkan dilakukan secara bertahap. Meski tidak memiliki komplikasi apa pun, Anda tetap harus menyadari bahwa kondisi tubuh belum sepenuhnya kembali seperti dahulu.

Perlu diketahui juga bahwa persendian dan ligamen Anda melonggar setelah melahirkan, sehingga bisa mengurangi kemampuan koordinasi tubuh. Maka, buang dulu harapan Anda untuk langsung bisa melakukan olahraga berat seperti saat sebelum hamil. Berikan kesempatan pada tubuh sekitar 3 hingga 5 bulan untuk benar-benar menyesuaikan diri.(klikdokter)


Tak hanya untuk menjaga kesehatan, olahraga ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya depresi pascamelahirkan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News