Kapan Waktu Aman Mencium Pasangan di Masa New Normal?

Kapan Waktu Aman Mencium Pasangan di Masa New Normal?
Ilustrasi mencium. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Anda mungkin bertanya-tanya kapan waktu aman untuk bisa mencium pasangan lagi di tengah penerapan tatanan hidup baru atau new normal.

Dr. Bridget Calhoun, PH, ahli penyakit menular dan mikrobiologi ini mengatakan bahwa air liur manusia mengandung bakteri dan virus.

"Oleh karena itu, (berciuman) bisa menulakan penyakit dari orang yang satu kepada orang lainnya," kata profesor di Sekolah Ilmu Kesehatan Rangos di Universitas Duquesne, seperti dilansir laman MSN, Senin (22/6).

Calhoun mengatakan bahwa seperti virus lain yang menyebar dari mulut ke mulut, COVID-19 juga bisa ditularkan melalui ciuman.

Sebelum Anda pergi berkencan dan mencium pasangan, Dr. Calhoun mengingatkan agar Anda bertanya pada pasangan mengenai gejala COVID-19.

Gejala COVID-19 di antaranya, seperti batuk, demam, kelelahan, penurunan indera penciuman, atau telah melakukan kontak dengan seseorang yang terinfeksi virus tersebut.

Jarak sosial adalah cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari coronavirus dan itu tidak cocok dengan kencan yang hendak Anda lakukan dengan pasangan Anda.

Dr. Calhoun merekomendasikan bahwa jika Anda atau pasangan Anda mengalami gejala COVID-19, Anda harus menghubungi dokter Anda sehingga Anda dan pasangan bisa dites.(fny/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Air liur manusia mengandung bakteri dan virus yang mudah ditularkan melalui ciuman.


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News