Kapankah Bisa Berhubungan Intim Lagi Pascapersalinan?

Kapankah Bisa Berhubungan Intim Lagi Pascapersalinan?
Foto/ilustrasi: thebreastcancer.com

jpnn.com - BANYAK pasangan suami istri ingin tahu kapan mereka boleh kembali berhubungan seks setelah melahirkan. Berapa lamakah organ vital bisa digunakan untuk berhubungan seks pasca-persalinan?

Ms V wanita yang baru melahirkan tentu mengalami trauma. Selain itu, ibu menyusui mungkin juga mengalami vaginal atrophy, atau menipis dan mengeringnya jaringan Ms. V akibat kurangnya estrogen dalam tubuh.

Hal itu membuat para istri enggan atau takut melakukan hubungan intim setelah mereka melahirkan. Tentu saja butuh waktu agar Ms V bisa berfungsi baik setelah persalinan.

"Setelah seorang wanita memiliki bayi, dibutuhkan sekitar enam minggu untuk Ms. V perempuan menyembuhkan diri mereka," kata Pari Ghodsi, MD, seorang pakar obstetri dan ginekologi seperti dilansir laman Glamour, Kamis (7/7).

Tapi, seorang pakar obstetri dan ginekologi dari Center for Sexual Health & Education mengatakan bahwa ada kemungkinan untuk melakukan hubungan seks lebih cepat jika Ms V memang siap. Namun, harus ada kontrasepsi untuk mencegah ovulasi.

"Wanita yang menyusui secara eksklusif tidak akan mengalami ovulasi, tetapi mereka yang hanya menyusui sebentar saja mungkin akan segera mengalami ovulasi pada bulan pertama," jelas Whelihan.

Ms. V mungkin juga terasa kering pada awalnya, terutama pada ibu menyusui. Sebab, menyusui bisa menyebabkan tubuh perempuan menghasilkan sedikit pelumas.

Itu sebabnya Dr. Ghodsi merekomendasikan penggunaan pelumas berbasis air bagi wanita yang belum lama melahirkan namun ingin mulai berhubungan seks lagi. Seks juga mungkin terasa sedikit berbeda pasca-persalinan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News