Kapolda Metro Jaya Berencana Membubarkan Tim Jaguar, Bang Edi Bilang Begini

Kapolda Metro Jaya Berencana Membubarkan Tim Jaguar, Bang Edi Bilang Begini
Pengamat kepolisian, Dr Edi Hasibuan. Foto: ANTARA/Kodir

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan angkat bicara menanggapi rencana Kapolda Metro Jaya membubarkan Tim Jaguar maupun tim khusus kepolisian lainnya yang biasa bertugas di malam hari di wilayah Jabodetabek.

Edi menyatakan menyambut positif langkah tersebut, karena pembubaran akan diikuti dengan pembentukan tim lain yang bertugas di malam hari sesuai standar yang ditentukan.

"Kami melihat pembubaran itu sangat positif, agar penampilan Polri lebih humanis ketika menjalankan tugas di tengah masyarakat," ujar Edi dalam keterangannya, Minggu (31/10).

Menurut anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) periode 2012-2016 ini, kehadiran tim yang dibentuk sejak lama oleh pimpinan polisi di wilayah itu kerap dinilai berlebihan.

Karena dalam pelaksanaannya tim patroli ini belum sepenuhnya diberikan pelatihan dan mengikuti standar operasional prosedur (SOP) di lapangan, sehingga kegiatan operasinya kerap mendapat kritikan dari masyarakat.

"Kami melihat Kapolda Metro Jaya sangat memperhatikan masukan masyarakat."

"Kapolda ingin tindakan kepolisian harus humanis dan meminta seluruh jajarannya menghilangkan tindakan kepolisian yang berlebihan," katanya.

Pakar hukum kepolisian dari Universitas Bhayangkara Jakarta ini kemudian mengingatkan pesan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Kapolda Metro Jaya berencana membubarkan Tim Jaguar maupun tim lain yang biasa beroperasi di malam hari, Bang Edi bilang begini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News