Kapolda Minta Contra-Flow Busway Dikaji Matang

Kapolda Minta Contra-Flow Busway Dikaji Matang
Kapolda Minta Contra-Flow Busway Dikaji Matang
KAPOLDA Metro Jaya Irjen (Pol) Sutarman menyambut baik penerapan contra-flow untuk busway. Namun Kapolda tetap meminta  Pemprov DKI meninjau beberapa aspek risiko jika sistem itu diterapkan.

Menurut Sutarman, perlu ada pengkajian khusus dan komprehensif sehingga penerapan contra-flow tidak mengganggu aspek yuridis dan sosiologis. "Di beberapa titik pertemuan lalu lintas (mix traffic), sistem contra flow dapat menimbulkan masalah baru. Di persimpangan jalur busway dan jalur umum bisa menimbulkan kemacetan," ujarnya, kemarin.

Selain kemacetan, lanjut dia, dapat muncul pula risiko kecelakaan di mix traffic seperti u-turn (putaran kendaraan) yang melewati jalur busway. Artinya pengemudi bus Transjakarta tentu harus waspada betul dengan adanya pengendara dari arus berlawanan. "Semua masyarakat juga harus tahu kalau bahwa jalur busway di titik-titik tersebut (mix traffic dan u turn) diberlakukan berlawanan arus," paparnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Baharudin Djafar menambahkan, selain mengkaji dan mengevaluasi lagi penerapan sistem contra-flow di jalur busway, agar justru tidak menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Polisi juga meminta peningkatan keamanan pada jalur busway seperti penambahan jumlah jembatan penyeberangan orang (JPO) dan pemasangan pagar sepanjang jalur Transjakarta.

KAPOLDA Metro Jaya Irjen (Pol) Sutarman menyambut baik penerapan contra-flow untuk busway. Namun Kapolda tetap meminta  Pemprov DKI meninjau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News