Kapolda Minta Warga Banten Tak Usah Ikut Demo 4 November di Jakarta

Kapolda Minta Warga Banten Tak Usah Ikut Demo 4 November di Jakarta
Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigid mengajak masyarakat di wilayah hukumnya agar menghindari demonstrasi "Aksi Bela Islam Jilid II" pada Jumat (4/11) mendatang. Dia mengimbau masyarakat agar tetap melaksanakan rutinitas seperti biasa.

Sigid mengatakan, ajakan aksi demo 4 November memang menyebar ke seluruh wilayah. Banten juga tak luput dari ajakan aksi demo untuk mendesak polisi menangkap Gubernur DKI Basuki T Purnama alias Ahok itu.

“Namun demikian kami memberikan keyakinan kepada masyarakat di kita pun sebenarnya juga ada kegiatan tersendiri. Kami pun juga sedang menghadapi pilkada," kata Sigid di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (1/11).

Mantan ajudan Presiden Joko Widodo itu menambahkan, kalaupun masyarakat Banten ingin berdemo menyuarakan keprihatinan tentang penistaan Alquran, sebaiknya tidak usah berunjuk rasa di Jakarta. Sigid menganjurkan warga berdemo di wilayah Banten saja.

"Tentunya imbauan kami lebih baik masyarakat Banten melaksanakan kegiatannya di Banten saja. Kalaupun ada aspirasi lebih baik di Banten. Apalagi kita banyak kegiatan-kegiatan penting yang perlu dihadiri tokoh-tokoh di sana," jelasnya.

Sigid mengaku sudah melakukan langkah persuasif. Termasuk berbicara dengan tokoh masyarakat dan pemuka agama.

"Upaya untuk berdialog mengajak mereka tidak berangkat, itu sudah secara rutin kami laksanakan dalam waktu beberapa minggu ini. Mudah-mudahan kalaupun ada yang berangkat jumlahnya akan sangat jauh daripada yang diperkirakan awal," ujar dia.

Meski demikian Sigid juga melaporkan bahwa kondisi di Banten sejauh ini tergolong kondusif. Mayoritas masyarakat Banten, kata dia, disibukkan dengan persiapan pemilihan kepala daerah 2017 serentak.

JAKARTA - Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigid mengajak masyarakat di wilayah hukumnya agar menghindari demonstrasi "Aksi Bela Islam Jilid II"

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News